Lakukan Cara Ini Saat Mesin Mobil Overheat

Mesin Mobil Overheat

Pernahkah Anda mengalami mesin mobil overheat saat melakukan perjalanan jarak jauh? Hal tersebut tentu membuat Anda panik dan was-was. Namun jangan cemas, dengan mengikuti cara berikut ini,  Anda bisa mengatasi kendala mesin yang mengalami overheat.

Kiat Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Mesin yang overheat merupakan suatu kondisi pada mesin  yang suhunya terlalu tinggi melebihi batas optimal mesin. Jika hal ini terjadi, maka ada yang salah pada sistem pendinginan mesin kendaraan Anda.

Sebagai langkah awal, lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi kondisi mesin yang mengalami overheat.

Tepikan Mobil

Saat mesin mobil overheat , hal pertama yang harus dilakukan adalah segera berhenti dan bawalah kendaraan menuju ke tepi jalan.

Kemudian, matikan mesin mobilnya dengan maksud agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah. Setelah itu, perhatikan jarum temperatur apakah suhu mesin mulai menurun atau tidak.

Buka Kap Mesin Mobil Overheat

Langkah yang kedua adalah mencari tuas kecil pembuka kap mesin dan membuka kap mesin mobil Anda. Hal ini bertujuan agar suhu panas tidak terperangkap di ruang mesin.

Saat melakukan hal ini, sebaiknya berhati-hati karena terkadang tuas yang Anda cari berada di dekat radiator sehingga ada kemungkinan untuk tersengat panas radiator.

Hindari Membuka Tutup Radiator Saat Panas

Langkah ketiga adalah menunggu radiator agak dingin sebelum membukanya. Sebab, jika Anda memaksa untuk membuka tutup radiator dalam kondisi masih panas, hal tersebut bisa menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi dalam radiator akan lepas.

Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan Anda mengalami luka bakar yang serius apabila terkena air panas tersebut.

Cek Tabung Cadangan Air Radiator

Setiap kendaraan pasti memiliki air radiator cadangan yang terhubung ke bagian atas radiator. Volume air pada tabung cadangan radiator inilah yang harus Anda perhatikan ketika mesin mobil overheat, apakah airnya kurang atau tidak.

Jika volume air tersebut berkurang, segera tambahkan cairan pendingin sampai pada posisi garis atas. Sebab, kekurangan cairan pada radiator sangat berbahaya bagi mesin.

Anda bisa melakukan pengisian cairan ke tabung cadangan walaupun mesin dalam kondisi panas atau bisa juga menunggu hingga kondisi mesin dingin terlebih dahulu.

Apabila mobil Anda hanya memiliki radiator tanpa ada tabung cadangan, maka Anda harus menunggu hingga dingin sebelum membukanya.

Cari Kebocoran

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari letak kebocoran pada mesin mobil. Apabila kepala silinder atau radiator yang mengalami kerusakan, ada kemungkinan terjadi kebocoran dalam sistem pendingin.

Jika memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan mobil, maka periksalah blok mesin, radiator, atau kepala silinder di dekat gasket, cek apakah ada kebocoran atau tidak.

Apabila tidak memiliki pengalaman atau tidak paham dengan hal-hal yang berbau otomotif, maka sebaiknya bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat.

Kemudian, minta pihak mekanik untuk melakukan tes tekanan sistem pendingin. Pemeriksaan ini mudah dan ada kemungkinan bisa dilakukan secara gratis.

Ambil Keputusan

Ada dua pilihan bagi Anda, apakah tetap jalan atau perlu memanggil bantuan. Jika hanya kekurangan cairan, Anda hanya perlu mengisinya dan bisa langsung melanjutkan perjalanan. Jika overheat terlalu parah, maka ikuti petunjuk berikut ini:

~ Jangan jalankan mobil jika air radiator habis sama sekali.

~ Memanggil mobil derek jika bantuan tersebut mudah didapat.

~ Teruskan perjalanan demi keselamatan jika berada di daerah sepi atau kondisi yang tidak aman.

Itulah beberapa kiat yang bisa dilakukan ketika sedang berkendara dan tiba-tiba mesin mobil overheat. Untuk menghindari hal tersebut, upayakan selalu mengecek kondisi mesin, oli, dan air radiator sebelum melakukan perjalanan.

Related Posts

© 2022 Petscancun - WordPress Theme by WPEnjoy